0

Program Tindak Lanjut Supervisi Akademik Jenjang SMP/MTs



Program Tindak Lanjut Supervisi Akademik Jenjang SMP/MTs ini merupakan file terbaru yang akan https://buktifisikakreditasismpmts.blogspot.com/ bagikan secara gratis pada kesempatan kali ini. Dalam proses Supervisi Akademik terutama hasil dari supervisi atau Pemantauan Proses Pebelajaran yang dilakukan oleh Guru harus ditindak lanjuti sesuai dengan feedback yang diterima. 


Program Tindak Lanjut Supervisi Proses Pembelajaran Jenjang SMP/MTs

Dari segi isi dalam Program Tindak Lanjut Supervisi Akademik pada Proses Pembelajaran ini terdapat 3 proses utama yakni Pelaksanaan, Pendekatan (Pola Pembinaan), dan Sasaran. Tetapi yang mendasari dari ketiga proses tersebut harus dilakukan dulu analisis kebutuhan peserta berdasarkan analisis hasil supervisi akademik dengan tahapan sebagai berikut.
  • Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan terkait masalah-masalah pembelajaran dan perbedaan (gap) apa saja yang ada antara pengetahuan,ketrampilan dan sikap yang nyata dimiliki guru dan yang seharusnya dimiliki guru?Perbedaan tersebut kemudian dikelompokkan, disintesiskan dan diklasifikasikan untuk menentukan jenis kegiatan tindak lanjut.
  • Mencatat prosedur-prosedur untuk mengumpulkan informasi tambahan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dimiliki guru.
  • Mengidentifikasi dan mencatat kebutuhan-kebutuhan khusus pembinaan ketrampilan pembelajaran guru.
  • Menetapkan jenis pembinaan ketrampilan pembelajaran guru.
  • Menetapkan tujuan pemilihan jenis pembinaan.
  • Mengidentifikasi dukungan lingkungan dan hambatan-hambatannya.
  • Mengidentifikasi tugas-tugas manajemen yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tindak lanjutseperti keuangan,sumber-sumber belajar, sarana prasarana.



Sekaligus file ini ditujukan untuk memenuhi Bukti Fisik Akreditasi SD/MI Standar Proses khusunya pada Instrumen No.29-31 bagi sekolah/ madrasah yang sedang mempersiapkan pelaksanaan akreditasi.


Download Juga !!!


Diharapkan Program Tindak Lanjut Supervisi Akademik Jenjang SMP/MTs ini dapat membantu anda dalam kegiatan persiapan dan pelaksanaan akreditasi disekolah anda. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan blog ini dimasa yang akan datang. Dapatkan berbagai administrasi sekolah lainnya khususnya yang berkaitan dengan administrasi akreditasi sekolah jenjang SMP dan MTs yang saya bagikan secara gratis.

Posting Komentar

 
Top